Peraturan Unik Negara Jepang Tentang Cara Membuang Sampah

Posted on

Cara Membuang Sampah Di Jepang

Pada kebanyakan negara selain jepang membuang sampah cukup sederhana salah satunya di negara kita INDONESIA. kita hanya tinggal membuangnya ke tempat sampah dan petugas sampah yang akan mengambilnya. sesederhana inipun bahkan masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

Memang pada beberapa negara telah melakukan upaya untuk melakukan pemisahan pada saat membuang sampah. misalnya sampah organik dan anorganik tapi ini masih tergolong sederhana lho kalo dibandingin sama tatacara membuang sampah di Jepang. ini kali ya yang membuat negara Jepang terkenal akan kebersihannya.

Kebanyakan orang asing yang pertama kali datang ke jepang pasti terkejut, bahkan seringkali bingung ketika akan membuang sampah. karena peraturan di jepang tentang sampah sangat ketat dan setiap kota memiliki peraturan yang berbeda-beda meskipun secara umum cukup mirip.

Maka dari itu kamu harus berhati-hati, terutama bagi kamu yang akan tinggal dalam kurun waktu yang cukup lama dan menempati apartemen atau rumah di Jepang. Nah kalo kamu saat ini sedang tinggal di Jepang atau berencana untuk kuliah, Magang, bekerja atau alasan lain yang mengharuskan kamu tinggal di Jepang kamu wajib baca artikel ini.

Memisahkan Sampah Menurut Jenisnya

Pada dasarnya setiap warga yang tinggal di jepang akan menerima semacam kalender yang menerangkan hari dan tanggal pengambilan sampah menurut jenis yang telah ditetapkan. kalender ini bisa di dapatkan dari kantor kota setempat, seperti ini contohnya.

Cara unik membuang sampah di jepang
Kalender sampah di Jepang

Buanglah sampah sesuai kategori dan tanggal yang telah ditentukan agar sampah tidak menumpuk di tempat tinggalmu. sebab jika kamu tidak membuangnya tepat waktu kamu harus menunggu sampai minggu berikutnya.

Nah berikut ini kategori sampah menurut jenisnya.

1. Mudah Terbakar

Jenis sampah ini biasanya dikumpulkan dua kali dalam seminggu. beberapa jenis yang termasuk dalam sampah mudah terbakar adalah sampah dapur, kertas, plastik pembungkus makanan, tas belanjaan, wadah kecap, sepatu, dan lain-lain.

2. Tahan Api

Bila dibandingkan dengan jenis sampah sebelumnya, jenis sampah tahan api pengambilannya cukup lama karena memang jenis ini tergolong jarang. yang termasuk jenis sampah tahan api adalah alat yang terbuat dari bahan keramik (cangkir, piring, vas bunga), kaca (kacamata,cermin), logam, peralatan elektronik kecil dll.

3. Sampah Besar

Sama seperti sebelumnya, jenis sampah ini juga termasuk lama pengambilannya. yang termasuk dalam golongan ini adalah sampah yang memiliki ukuran lebih dari 50cm contohnya : Almari, sofa, rak buku, rak sepatu, tempat tidur, vacum cleaner, karpet, selimut, motor dibawah 60cc, dan lain-lain.

4. Botol dan Kaleng

Jenis sampah ini umumnya dikumpulkan dua kali dalam satu bulan. ada hal unik saat akan membuang botol bekas minuman, kamu harus memastikan botol yang kamu buang dalam keadaan bersih, bila perlu kamu harus mencucinya. kamu juga harus memisahkan tutup botol dan plastik label yang melekat pada botol tersebut kemudian memasukkanya pada plastik yang berbeda. Ingat, jangan mencampur botol plastik dan kaleng aluminium pada tempat yang sama saat membuangnya. unik juga ya.

Peraturan Membuang sampah di Jepang

  1. Pada beberapa daerah mengharuskan untuk membuang sampah menggunakan kantong plastik dengan warna berbeda sesuai warna yang telah ditetapkan. tetapi ada juga yang tidak menetapkannya, pastikan untuk membaca peraturan daerah kamu.
  2. Tanggal pengumpulan sampah dan barang apa saja yang termasuk dalam golongan sampah tersebut biasanya berbeda pada tiap-tiap daerah. maka dari itu perhatikan baik-baik kalender pengumpulan sampah di kota tempat kamu tinggal.
  3. Ada biaya khusus untuk membuang sampah-sampah yang berukuran besar seperti mesin cuci, kulkas, kasur, motor, dll. semakin besar barang yang akan kamu buang, semakin besar juga biayanya. kamu bisa mengajukan permohonan ke kantor kota terdekat, setelah membayar kamu akan menerima sticker dan harus menempelkannya pada barang yang akan kamu buang sebagai bukti bahwa kamu telah membayar biaya untuk membuang barang tersebut.
  4. Dilarang keras membuang minyak goreng pada wastafel. karena jika saat musim dingin tiba bekas minyak itu akan membeku dan menyumbat saluran air. nah cara membuang bekas minyak goreng adalah dengan meletakkan tissu agar minyak tersebut meresap kemudian buang tissu pada sampah rumah tangga. jika minyak bekas terlalu banyak kamu bisa membekukannya terlebih dahulu sebelum membuangnya.
  5. Sangat dianjurkan untuk 3R (Reduce, Reuse, Recycle). manfaatkan barang bekas untuk manfaat lainya. misalkan kamu mempunyai kotak hadiah yang bentunya unik, daripada membuangnya kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang kecil seperti jepit rambut dll.
  6. Waktu pengumpulan sampah biasanya sekitar pukul 08:00-10:00. pastikan untuk tidak terlambat, karena jika terlambat kamu harus menunggu untuk jadwal berikutnya dan kamu tidak bisa meninggalkannya begitu saja melainkan harus membawanya kembali ke dalam apartemenmu. nah untuk mensiasatinya kamu bisa membuangnya pada malam sebelumnya jika takut lupa atau kesiangan.
  7. Ada beberapa daerah yang mengharuskan kamu untuk menulis nama pada kantong sampah yang kamu buang sebelum mengumpulkannya pada tempat penampungan. tujuannya adalah, jika kamu membuangnya pada tanggal yang salah atau kamu membuang sampah yang tidak sesuai (Misalnya kamu mencampurnya) kamu harus mengambilnya kembali. Jika kamu membuang sesuai aturan yang berlaku hal itu tidak akan terjadi.

Apa Yang Terjadi Jika Kamu Membuang Sampah Tidak Sesuai Aturan?

Membahas Peraturan Unik Negara Jepang Tentang Cara Membuang Sampah
Petugas pengangkut sampah jepang

Satu hal yang harus kamu perhatikan, masyarakat jepang sudah terbiasa tertib dan menaati peraturan saat membuang sampah dan membuang sampah sesuai ketentuan yang telah ditetapkan serta bersama-sama berusaha menjaga kebersihan lingkiungan sekitar tempat tinggalnya. jika kamu tidak membuang sampah sesuai peraturan kamu mungkin akan ditegur oleh tetangga sekitar.

Perlu kamu perhatikan juga, jika kamu membuang sampah tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan misalnya kamu membuang pada tanggal yang salah atau kamu tidak memisahkan sampah yang kamu buang dengan benar, maka petugas pengangkut sampah tidak akan mengambil sampah yang kamu buang tadi dan menandainya  dengan sticker merah.

Sticker merah itu menandakan bahwa sampah tersebut tidak bisa diterima. kamu mungkin akan mendapat teguran dari warga sekitar dan dengan terpaksa kamu harus mengambilnya kembali. kemudian memisahkan sesuai aturan yang berlaku dan membuangnya sesuai tanggal yang telah ditetapkan.

Maka dari itu kamu harus benar-benar mematuhi aturan tentang cara membuang sampah di jepang jika tidak ingin mengalami hal di tersebut.

Jangan khawatir jika kamu tinggal di jepang untuk magang atau meneruskan pendidikan di jepang, kamu pasti akan menerima pelajaran tentang kehidupan di jepang termasuk tatacara membuang sampah dengan benar. dan jika kamu benar-benar menaatinya, pasti tidak akan terjadi masalah.

 

Semoga bermanfaat.

One thought on “Peraturan Unik Negara Jepang Tentang Cara Membuang Sampah

  1. I see you don’t monetize your page, don’t waste your traffic,
    you can earn extra bucks every month because you’ve got hi quality content.

    If you want to know how to make extra bucks, search for:
    Boorfe’s tips best adsense alternative

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *